Rabu, 15 Juni 2016

PERKEMBANGAN DAN KEUNGGULAN YANG DI MILIKI PROGRAM STUDI BUDIDAYA PERAIRAN



PERKEMBANGAN DAN KEUNGGULAN YANG DI MILIKI PROGRAM STUDI BUDIDAYA PERAIRA


Program Studi Perikanan merupakan salah satu jurusan yang dimiliki oleh Fakultas  pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang.  Jurusan ini mulai dibuka pada tahun 1995 dengan status terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Saat ini, jurusan Perikanan memiliki 1 program studi yaitu Program Studi Budidaya Perairan. Dalam perjalanannya, jurusan Perikanan terus mengalami perkembangan pesat dan pada tahun 2000 jurusan Perikanan FPP – UMM telah memperoleh status terakreditasi dengan nilai baik (B), begitu pula pada tahun 2006 juga “terakreditasi” dengan nilai baik (B). Sedangkan pada tahun 2011-2016 telah terakreditasi sangat baik (A).
Adapun fasilitas dan keunggulan dari  program studi budidaya perairan yaitu :
A.   Jurusan Perikanan telah dilengkapi dengan fasilitas akademik yang representatif, baik itu fasilitas perkuliahan maupun laboratorium, diantaranya ruang kuliah multimedia dan berbagai fasilitas lab. seperti kolam indoor dan outdoor, lab. pembenihan, lab. nutrisi, lab. mikrobiologi, dsb
B.   Terdapat berbagai macam beasiswa yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mahasiswa selama menempuh kuliah di Jurusan Perikanan UMM. Selain itu, juga semakin luasnya peluang kerja di bidang perikanan dan kelautan.
C.   Salah satu program unggulan di Jurusan Perikanan adalah Praktek Usaha Perikanan (PUP). Program ini dilaksanakan selama satu semester secara berkelompok dan bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam berwirausaha.
Lulusan jurusan perikanan memiliki kompetensi dalam pembenihan ikan dan organisme perairan lainnya, baik tawar, payau dan asin, pengetahuan dan ketrampilan dalam bioteknologi perikanan, wawasan tentang manajemen pengelolaan pesisir dan lautan secara terpadu, serta kemampuan wirausaha dalam bidang perikanan. Dengan kompetensi tersebut, lulusan jurusan Perikanan berpeluang untuk bekerja di bidang usaha pembenihan ikan/udang, budidaya tambak atau kolam, industri pengolahan ikan atau udang, indusri pakan ikan atau udang, industri pupuk dan obat hewan, konsultan lingkungan, peneliti di bidang perikanan dan kelautan serta wirausaha mandiri.


NP:  semoga bermaanfaat bagi anda yang membaca blog saya dan apa bila ada kekuranga saya mohon maap karna sy baru belajar main blog heheheh :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar