Kamis, 16 Juni 2016

visit lombok

Deskripsi Pulau Lombok 


Pulau ini terletak di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara dengan luas yang lebih kecil dari pulau sebrang yaitu Pulau Bali sekitar 5.435  km2  , dengan jumlah penduduk sekitar 2.722.123 pada data tahun  2007. Sebagian penduduk yang menetap di pulau ini adalah Suku Sasak yaitu sebuah suku yang masih sangat dekat dengan suku bangsa Bali, tetapi bedanya sebagian besar suku Sasak memeluk agama Islam dan sisanya adalah bangsa Arab, Tionghoa dan Jawa. Pusat pemerintahan pulau ini berada di Kota Mataram sekaligus sebagai Ibukota provinsi. Pulau ini terdiri dari 5 kabupaten dan 1 kotamadya yaitu :





- Kotamadya Mataram dengan Ibukota Mataram

- Kabupaten Lombok Barat dengan Ibukota Gerung

- Kabupaten Lombok Tengah dengan Ibukota Praya

- Kabupaten Lombok Timur dengan Ibukota Selong

- Kabupaten Lombok Utara dengan Ibukota Tanjung

- Kabupaten Lombok Selatan dengan Ibukota Terara

Di pulau ini juga terdapat satu gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl yaitu Gunung Rinjani, gunung ini menjadi salah satu spot terfavorite para pendaki yang dating dari luar pulau bahkan luar negeri karena keindahan panoramanya.


Pulau ini dikelilingi beberapa  gili ( nusa ) yang memiliki panorama yang indah yang menjadi destinasi para turis mancanegara seperti Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno, dan masih banyak lagi. Banyak pariwisata yang ditawarkan pada pulau kecil ini seperti berselancar, berjemur dan banyak juga makanan khas yang ada di pulau ini. Salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi saat datang ke pulau ini adalah  jajaran pantainya yang terbentang dari ujung ke ujung seperti Pantai Senggigi, Pantai Kuta, Tanjung Aan, Selong Belanak dan masih banyak pantai yang memiliki pemandangan yang tak kalah indahnya dengan pantai yang berada di pulau sebrang, pemandangan yang berada di pantai ini bisa dinikmati dari terbitnya matahari dan terbenamnya matahari, bahkan di malam hari juga banyak yang bersantai di pinggiran pantai menikmati deburan ombak yang damai, di pinggir pantai juga banyak makanan yang ditawarkan oleh penduduk pesisir seperti sate bulayak, pelecing, berbagai macam ikan laut dan jagung bakar.



 Pulau ini menjadi titik perbatasan antara flora dan fauna yang ada di Indonesia bagian barat dan timur, oleh karena itu Lombok disebut sebagai The Wallace Line. Di daerah pegunungan Lombok ditanami tumbuhan seperti padi, kopi, tembakau. Dan hewan yang dapat kita temui di Lombok yaitu kadal, biawak, koak kaok dan lain lain.

 Budaya dan adat istiadat penduduk suku Sasak yang asli masih bisa dilihat dengan cara mengunjungi salah satu desa yang berada di dusun Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Dinas Pariwisata setempat menunjuk desa ini sebagai desa pariwisata karena keunikannya. Desa ini dapat dibilang sebagai cerminan suku asli Sasak Lombok, karena penduduk desa ini masih mempertahankan adat suku Sasak. Penduduk pribumi desa ini menyebut rumah mereka dengan sebutan Bale. Bangunan “Bale’ ini sangat tradisional karena atapnya hanya terbuat dari ijuk dan tembok dari bambu dan langsung beralaskan tanah. Bahasa asli suku Sasak adalah Bahasa Sasak yang agak mirip dengan bahasa Bali dan Jawa, hal ini karena wilayah mereka yang berdekatan. Lokasi desa ini tidak terlalu jauh dari pusat kota hanya memakan waktu sekitar 1 jam jika mengendarai mobil pribadi.


1 komentar:

  1. 7 Permainan Dalam 1 User ID INDOKARTU

    Selamat beraktivitas bagi anda semua pengemar game poker online. Disini kami Indokartu memberitahukan bahwa kami menyediakan 7 game yang berbeda yang bisa anda nikmati dalam 1 user ID saja yaitu :
    - Poker
    - Domino
    - Came
    - Came Keliling
    - Capsa
    - Super10
    - Omaha
    Jadi tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami bosku. Kontak kami :
    WA : 081333366766
    BBM : indkartu
    LINE : indokartu
    atau langsung di Livechat www(titik)indokartu(titik)biz

    DAFTAR POKER

    Poker Online Terbaik

    BalasHapus